3 Destinasi Objek Wisata Jawa Timur

Jawa Timur adalah sebuah provinsi di ujung timur Pulau Jawa ibukota Surabaya. Provinsi Jawa Timur memiliki luas lahan yang lebih besar daripada provinsi lain yang ada di PulauJawa. JawaTimur juga mempunyai tempat wisata yang tak kalah menarik dari tempat wisata di Jawa Barat.

3 Rekomendasi Objek Wisata di Jawa Timur Yang Wajib Dikunjungi

Jawa Timur adalah sebuah provinsi di ujung timur Pulau Jawa ibukota Surabaya. Provinsi Jawa Timur memiliki luas lahan yang lebih besar daripada provinsi lain yang ada di PulauJawa. JawaTimur juga mempunyai tempat wisata yang tak kalah menarik dari tempat wisata di Jawa Barat.

Apa saja tempat wisata di JawaTimur yang sangat wajib dikunjung ?

  1. Gunung Bromo

Wisata Gunung Bromo yang terletak di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) menyimpan segudang pesona yang tidak  pernah ada habisnya. Banyak tempat menarik yang bisa dikunjungi wisatawan di sini. Sebut saja Pananjakan I, Padang Savana, Padang Pasir Berbisik, Bukit Teletubbies dan masih banyak lagi yang lainnya.

Salah satu lokasi yang tidak boleh dilewatkan oleh wisatawan ialah Kawah Gunung Bromo. Di tempat ini, Anda bisa melihat kawah yang masih aktif secara langsung.

Kawasan kawah gunung Bromo sejak dahulu ditinggali oleh Suku Tengger. Nama Tengger diambil dari putri raja yang memerintah Pulau Jawa bernama Rara Anteng. Dia kemudian menikah dengan Joko Seger yang merupakan keturunan Brahmana. Karena desa itu dipimpin langsung keduanya, maka dinamakanlah suku Tengger yang diambil dari kata An “Teng” dan Se “Ger”.

Untuk menuju ke kawah Bromo, setiap wisatawan wajib menggunakan jip yang dikelola oleh masyarakat lokal. Dari titik ini, ada dua cara yang bisa dipilih wisatawan untuk mencapai kawah Bromo yang jaraknya mencapai 2 kilometer dari parkiran jip.

Yang pertama, dengan berjalan kaki. Anda harus memiliki stamina yang kuat jika memilih opsi ini. Sebab, Anda akan melalui lautan pasir yang cukup luas. Meski demikian, Anda bisa berjalan santai sambil menikmati pemandangan di sekitar Gunung Bromo yang memang menakjubkan. Apalagi, di tengah jalan, Anda akan menemukan sebuah pura besar yang biasa dipakai suku asli Gunung Bromo untuk perayaan upacara Kasada.

Pura ini bernama Pura Luhur Poten. Sehari-hari, pura ini merupakan tempat ibadah Suku Tengger. Itu sebabnya, wisatawan tidak diperkenankan masuk dan hanya boleh melihat bagian luar pura.

Pilihan kedua, Anda bisa menyewa kuda. Kami memilih opsi ini karena memang jalannya cukup jauh. Tarifnya tidak terlalu mahal, sekitar Rp 150.000 per orang. Nilai ini sebanding dengan tenaga yang harus dikeluarkan joki kuda saat harus menuntun kuda mendaki ke arah titik pendakian kawah. Jangan khawatir, tarif ini berlaku untuk pergi-pulang.

Setibanya di titik awal pendakian, Anda akan melihat ratusan anak tangga terjal yang akan menuntun wisatawan sampai ke puncak kawah. Siapkan stamina, ya. Sebab, jumlahnya mencapai 250 anak tangga. Rasa lelah yang mendera saat mendaki langsung hilang dalam sekejap saat kami tiba di puncak kawah. Pendakian ini memakan waktu sekitar 15 menit.

Di lokasi ini, Anda bisa menyaksikan fenomena vulkanik aktif. Suara gemuruh dan asap yang keluar dari dasar kawah semakin menambah eksotisme pemandangan.

Ritual adat

Tim Jelajah Ekonomi Pariwisata KONTAN sempat berbincang dengan Mujianto, Kepala Desa Ngadas, Kabupaten Malang. Penghuni Desa Ngadas 100% merupakan suku Tengger. Mujianto menceritakan, ada satu ritual adat yang rutin dilakukan oleh suku Tengger di Kawah Bromo. Nama, Yadnya Kasada, diadakan setiap malam ke 14 bulan Kasada.

Dalam ritual ini, suku Tengger melemparkan sesaji ke dalam kawah Gunung Bromo. Bentuk sesaji bisa berupa hasil bumi hingga hewan ternak. Masyarakat Tengger mempercayai hal ini agar terhindar dari musibah dan diberi kemakmuran oleh leluhur.Di luar ritual itu, ada banyak mitos lainnya. Beredar mitos akar gaib yang menyelimuti kawah pasir di area Gunung Bromo dan kabarnya, tidak sembarang orang dapat melihat akar tersebut. Menurut cerita yang beredar, jika ada orang yang berniat tidak baik dan tidak menghormati penghuni Gunung Bromo, akar gaib tersebut bisa menyesatkan orang bersangkutan. Untuk itu  selama masih berada  di area Gunung Bromo, hendaknya para pengunjung menjaga omongan, hati, dan perilaku agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

  • Telaga Sarangan

Wisata ke telaga tidak kalah seru dari Gunung Bromo, wisata alam ini menyajikan keindahan panorama dan ragam fasilitas yang bisa kamu manfaatkan untuk merefresh hari penatmu. Salah satunya ialah Telaga Sarangan, telaga yang berada di lereng Gunung Lawu, Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

Telaga Sarangan Magetan ini memiliki luas sekitar 30 hektar dan memiliki kedalaman hingga 28 meter. Tiap tahunnya, banyak pengunjung yang tertarik untuk mengunjungi objek wisata alam ini, karena dinginnya udara yang menyejukkan pikiran.

Nah, sebelum kamu berkunjung ke sana. Ada baiknya ketahui informasi mengenai Telaga Sarangan Jawa Timur berikut ini.

1. Telaga Alami di Jawa Timur

Telaga Sarangan adalah telaga pasir alami yang terletak di lereng Gunung Lawu dengan ketinggian sekitar 1200 meter di atas permukaan laut. Walaupun terletak di lereng Gunung Lawu, jalanan menuju ke sana sudah bagus.

Meskipun telaga ini terbuat secara alami, pengelolaan yang dilakukan oleh pemerintah daerah sudah diupayakan, hal ini dibuktikan dengan tingginya peningkatan jumlah pengunjung di kawasan objek wisata Telaga Sarangan ini.

2. Rute Menuju Telaga Sarangan

Rute termudah yang bisa kamu lalui jika sudah sampai di Kota Magetan, Jawa Timur, kamu akan menemukan papan yang memberitahukan arah menuju kawasan Telaga Sarangan. Kamu juga bisa menuju arah ke kabupaten Karanganyar setelah melewati kota Magetan, maka di pinggir jalan akan terlihat panorama telaga yang sangat indah.

Jalan menuju Telaga Sarangan lainnya dengan menggunakan tranportasi umum, seperti kereta api. Turun di stasiun Solo Balapan, kamu bisa melanjutkan menaiki bis jurusan Palur. Sesampainya di Palur, kamu menaiki bis jurusan Tawangmangu. Dan dilanjutkan dengan menggunakan bis mini menuju Telaga Sarangan.

3. Harga Tiket Masuk Terjangkau

Destinasi wisata dengan harga terjangkau memang selalu menarik wisatawan lokal. Tiket Telaga Sarangan untuk orang dewasa sekitar Rp 19.000, untuk anak-anak berkisar Rp 14.000. Terjangkau kan?

Dengan harga segitu, kamu sudah bisa mendapatkan asuransi dari pihak Jasa Raharja. Sedangkan, untuk tarif parkir kamu dikenakan biaya sebesar Rp 2.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 5.000 untuk kendaraan doa empat.

4. Penginapan Harga Terjangkau di Telaga Sarangan

Buat kamu yang menikmati objek wisata ini bersama keluarga, kamu bisa memanfaatkan fasilitas penginapan, seperti hotel di Telaga Sarangan. Jadi, kamu tak perlu khawatir karena punya waktu lebih untuk menjelajahi lebih lanjut objek wisata ini.

Penginapan yang ditawarkan, mulai dari model hotel hingga wisma. Tentu saja, tarif yang ditawarkan berbeda tergantung dengan jenis model penginapan apa yang akan kamu pilih. Mulai dari harga Rp 150.000 hingga Rp 700.000 kamu sudah bisa menginap di sini. Lokasi penginapan pun bisa kamu pilih berdasarkan permintaan keinginanmu dengan pihak penginapan, bisa di tepi telaga atau berada di dekat rumah penduduk sekitar.

Naik kuda di Telaga Sarangan.Naik kuda di Telaga Sarangan. Foto: (iStock)

5. Naik Speedboat atau Naik Kuda

Selain menyuguhkan suasana tenang, kamu bisa memilih beberapa fasilitas seru yang bisa kamu coba, seperti naik speedboat.

Untuk memicu adrenalinmu, kamu bisa nih mengelilingi luasnya Telaga Sarangan dengan speedboat. Dari segi keselamatan, tenang saja kamu sudah mendapatkan pelampung yang siap kamu gunakan saat berkendara. Tarif yang dikenakan untuk menaiki speedboat dengan kapasitas 3-4 orang ini sekitar Rp 60.000 per satu putaran dan Rp 150.000 per tiga putaran.

Kalau kamu ingin lebih menikmati suasana alam sekitar dengan santai, kamu wajib mencoba menaiki kuda di sekitaran Telaga Sarangan nih Detikers. Untuk tarif biaya dikenakan sekitar Rp 50.000 per putaran.

6. Wisata Kuliner di Telaga Sarangan

Berkeliling wisata ini pasti menguras tenaga kamu nih Detikers, di Telaga Sarangan kamu bisa menikmati makanan dan minuman enak dan terjangkau yang dapat mengenyangkan perutmu.

Salah satu kuliner yang wajib kamu cicipi di sini ialah sate kelinci. Tapi, jika kamu tidak mampu untuk mencobanya, kamu bisa memesan kuliner lain, seperti nasi pecel khas Telaga Sarangan, nasi rawon , jagung bakar, dan sebagainya.

3. WISATA BAHARI LAMONGAN

Lamongan, kota terkenal dengan sotonya ini menjadi salah satu alternative liburan di JawaTimur. Selain sotonya yang khas, terdapat juga wisata yang menjadi primadona di Lamongan, yakni Wisata Bahari Lamongan yang terkenal dengan patung kepiting raksasanya.

Wisata Bahari Lamongan atau yang biasa disingkat WBL ini beralamat di Jl. Raya Paciran, Paciran, Kec. Paciran, Kabupaten Lamongan.

Wisata Bahari Lamongan Kawasan Lamongan terletak di kawasan pesisir sehingga memiliki udara yang cukup panas. Namun, ada ribuan orang datang setiap harinya untuk menikmati serunya Wisata Bahari Lamongan atau WBL. Taman bermain yang dibangun di Tanjung Kodok ini menjadi tempat menghabiskan akhir pecan dengan aneka wahana bermain yang menarik. Karena berada di dekat pantai, sebagian besar wahana di tempat wisata di Jawa Timur ini berhubungan dengan air. Wisatawan bisa bermain di kolam dengan aneka seluncuran, menggunakan kano di pantai, hingga memasuki ruangan hantu yang ngeridan cocok untuk menguji nyali. Selanjutnya, kawasan ini juga memiliki museum kupu-kupu yang menyimpan banyak koleksi serangga dari berbagai daerah di Indonesia

Wisata Bahari Lamongan atau yang akrab dengan singkatan WBL adalah salah satu objek wisata yang ada di Jawa Timur. Tempat ini menjadi arena rekreasi paling besar di kawasan pesisir Pantai Jawa. Sebelum resmi berdiri Wisata Bahari Lamonganakrab dengan sebutan Tanjung Kodok, kemudian mulai berkembang menjadi destinasi wisata yang modern bernama WLB.

Harga tiket Wisata Bahari Lamongan yang tergolong murah akan mengajak Anda dan wisatawan lain menikmati pemandangan yang sejuk dan indah. Mulai dari pintu masuk saja sudah di desain mirip sebuah kerajaan kuno. Bahkan benteng-benteng yang mengelilinginya memiliki ketinggian 10 meter. Dari kejauhan memang tidak terlihat, namun Anda masih tetap bisa tauapa isi di dalamnya dengan mengimak ulasan lengkapnya di bawah ini:

Wahana

Berbicara masalah wahana, objek wisata WBL memiliki banyak sekali wahana yang cocok untuk liburan keluarga. Mulai dari wahana anak-anak hingga orang tua. Bagi Anda yang suka menguji adrenalin beberapa wahana yang ada akan sangat menguntungkan. Berikut beberapa wahana menarik di Wisata Bahari Lamongan atau WLB:

  1.  Speed Flip

Wahana yang pertama ini sangat cocok bagi Anda yang pemberani dan suka terhadap tantangan. Anda wajib mencobanya untuk mendapatkan sensasi terbaru dan luar biasa dari wahana speed flip.

  • Naik Onta

Anda juga bisa memanjakan anak-anak dengan mengajaknya naik hewan yang berasal dari timur tengah. Anak pasti akan merasa senang ketika bisa berkeliling pantai di WLB dengan onta. Sebagai orang tua Anda pun diperbolehkan naik ke atasnya untuk menjaga anak, sebabwahana ini terbuka untuk umum.

  • Paus Dangdut

Rasanya kurang lengkap ketika datang dan membayar harga tiket Wisata Bahari Lamongan tetapi tidak menikmati wahana satu ini. Paus dangdut adalah wahana yang membawa Anda serasa sedang menunggangi ikan paus besar. Wahana ini dijamin seru dan akan mengocok perut setiap pengunjung.

4. Panggung Gembira

Masih soal anak-anak, sepertinya panggung gembira adalah wahana yang paling tepat bagi Anda untuk menikmati liburan bersama keluarga. Wahana ini akan mengajak Anda menikmati atraksi pagelaran seni pertunjukkan. Selain menikmati pertunjukkan yang ada, Anda juga bisa beristirahat.

5. Maharani Zoo and Goa

Maharani Zoo and Goa adalah wahana goa yang cukup luas dengan hiasan dinding stalaktit di dalamnya. Sedikit berbeda dengan wisata goa, di wahana ini Anda bisa menemukan banyak sekali hewan baik itu hewan lokal ataupun yang berasa dari luar negeri. Tunggu apalagi, wahana ini sangat cocok untuk menambah edukasi pada buah hati.

Harga Tiket Wisata Bahari Lamongan

Wisata Bahari Lamongan atau yang akrab dengan singkatan WBL adalah salah satu objek wisata yang ada di Jawa Timur. Tempat ini menjadi arena rekreasi paling besar di kawasan pesisir Pantai Jawa. Sebelum resmi berdiri Wisata Bahari Lamonganakrab dengan sebutan Tanjung Kodok, kemudian mulai berkembang menjadi destinasi wisata yang modern bernama WLB.

Harga tiket Wisata Bahari Lamongan yang tergolong murah akan mengajak Anda dan wisatawan lain menikmati pemandangan yang sejuk dan indah. Mulai dari pintu masuk saja sudah di desain mirip sebuah kerajaan kuno. Bahkan benteng-benteng yang mengelilinginya memiliki ketinggian 10 meter. Dari kejauhan memang tidak terlihat, namun Anda masih tetap bisa tauapa isi di dalamnya dengan mengimak ulasan lengkapnya di bawah ini:

Fasilitas

Sama halnya dengan objek wisata pada umumnya, harga tiket Wisata Bahari Lamongan juga sudah termasuk beberapa fasilitas yang bisa dinikmati para pengunjung secara gratis. Berikut ini beberapa aktivitas tersebut:

  • Tempat beristirahat
  • Area bermain anak
  • Area kuliner
  • Mushola
  • Toilet umum
  • Ruang ganti

Lokasi

Jalan Raya Paciran, Kabupaten Lamongan Jawa Timur.

Tiketdan Jam Operasional

Tiket yang disediakan terdapat berbagai tipe seperti:

Wisata Bahari Lamongan:  Tiket Weekday seharga Rp75.000 dan Weekend seharga Rp 100.00

Maharani Zoo & Goa:  Tiket Weekday seharga Rp 52.500 dan Weekend seharga Rp 70.000

WBL dan MZG:  Tiket Weekday seharga Rp 97.500 dan Weekend sehargaRp 130.000

Museum Islam Indonesia:  Tiket Weekday sehargaRp 15.000 dan Weekend Rp 20.000

Wisata Bahari Lamongan beroperasi dari jam 8.30 sampai 16.30 WIB.

Itulah beberapa rekomendasi  tempat wisata   yang dapat dijadikan pilihan saat hendak berwisata ke bagian timur Jawa, Indonesia. Pastikan Anda bersama keluarga mendapatkan kenangan indah saat berliburan.

Happy Weekend ..!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *